Blog Hotel dan Tempat Wisata adalah Blog yang mengulas tentang Hotel, Penginapan, dan Tempat - Tempat Wisata di Seluruh Indonesia seperti Wisata Pantai, Wisata Gunung, Wisata Keluarga, dll

Selasa, 14 Maret 2017

Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi

Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi | Kawah Ijen Banyuwangi merupakan objek wisata yang telah dikenal luas oleh masyarakat kota banyuwangi, dikenal oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan asing karena keindahan alamnya. Tahun 2011 lalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kawah Ijen Banyuwangi tercatat sebanyak 16.402 orang, 8.785 wisman dan 7.617 lainya adalah wisatawan lokal atau wisatawan domestik. Tempat Wisata terindah di Banyuwangi ini menyimpan sejuta keindahan yang dapat menarik perhatian Publik. Wisata di Banyuwangi ini juga menyajikan Pesona Alam yang sangat Indah ketika malam hari. Buat anda yang sedang mencari Daftar Tempat Wisata Terindah di Jawa Timur ataupun Daftar Tempat Wisata Terindah di Banyuwangi dapat menyimaknya pada Artikel kami kali ini mengenai Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi.

kawah ijen - Wisata Banyuwangi


Kawah Ijen Banyuwangi.
Kawah Ijen terletak di puncak gunung ijen wilayah kecamatan licin, Banyuwangi dan kecamatan Klobang, Bondowoso. Ketinggian Kawah Ijen setinggi 2.368 meter dari permukaan air laut. Kawah Ijen terletak di tengah kaldera yang terluas di pulau jawa dengan ukuran sekitar 20 kilometer dan ukuran kawahnya sendiri 960 meter x 600 meter sedalam 200 meter. Kawah Ijen terletak di bawah dinding kaldera sejauh 300 meter.Kawah Ijen masuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen dengan luas 2.560 hektare dengan hutan wisata seluas 92 hektare.

Bagi para wisatawan yang ingin berwisata ke Kawah Ijen Banyuwangi bisa dengan menempuh rute perjalanan dari Kota Banyuwangi > Licin > Pal Tuding > Ijen. jarak Kota Banyuwangi menuju Licin Sekitar 15 Kilometer dengan kisaran lama perjalanan selama 30 menit. Dari Desa Licin nanti akan menuju kearah Sodong yang berjarak sekitar 8 Kilometer, Lanjut perjalanan dari Sodong ke Pal tuding dengan jarak sekitar 10 Kilometer. Paltuding merupakan tempat bertemunya jalur lewat dari arah Bondowoso dan arah Banyuwangi.Pada artikel sebelumnya kami juga telah membahas tentang Destinasi Tempat Wisata Terbaik di Bali

Sekitar 6 Kilometer sebelum Pal Tuding kita akan melewati jalan tanjakan erek-erek yang merupakan belokan sekaligus tanjakan berbentuk S dengan jarak tempuh yang memakan waktu sekitar 1 Jam dikarenakan jalanan sering rusak oleh air hujan maupun dikarenakan truk pengangkut belerang. Sesampainya di Pal Tuding kita harus melaporkan pendakian kita kepada petugas PHPA dan membeli tanda masuk, bisa juga beristirahat serta menyewa sleeping bag jika diperlukan. Dari sini perjalanan ke Kawah Ijen akan menempuh waktu sekitar 2 jam.

Baca Juga artikel terkait lainnya tentang Tempat Wisata di bayuwangi dan Sekitarnya :


Foto Kawah Ijen Banyuwangi.


kawah ijen - Wisata Banyuwangi

kawah ijen - Wisata Banyuwangi

kawah ijen - Wisata Banyuwangi

kawah ijen - Wisata Banyuwangi

kawah ijen - Wisata Banyuwangi

kawah ijen - Wisata Banyuwangi

kawah ijen - Wisata Banyuwangi

kawah ijen - Wisata Banyuwangi

kawah ijen - Wisata Banyuwangi

kawah ijen - Wisata Banyuwangi

kawah ijen - Wisata Banyuwangi

kawah ijen - Wisata Banyuwangi

kawah ijen - Wisata Banyuwangi


Dalam waktu sekitar 2 jam tersebut dari Pal Tuding ke Kawah Ijen, 1,5 jam waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke pondok penambangan belerang dengan rute jalan tanjakan melintasi jalan yang cukup lebar dengan pemandangan hutan yang indah. dari pondok penambangan belerang nantinya hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di Kawah Ijen dengan rute jalanan datar.Tidak ada salahnya bagi para wisatawan yang ingin berwisata ke Kawah Ijen untuk mempersiapkan diri dulu, mengingat jarak tempuh Kawah Ijen dari Kota Banyuwangi lumayan Jauh .

Tips berwisata ke Kawah Ijen :
  • Saat yang paling tepat untuk menyasikan indahnya Kawah Ijen adalah pada waktu pagi atau dini hari, nantinya bisa menyaksikan Blue fire. Pendakian minimal dilakukan jam 11 malam karena Blue fire akan nampak jelas hingga jam 3 pagi.
  • Pakailah celana berbahan kain cargo, jangan berbahan jins serta pilih sandal atau sepatu yang sekiranya nyaman untuk jalan setapak.
  • Gunakan penutup kepala, telinga, tangan serta jaket tebal untuk melawan hawa dingin.
  • Jangan minum terlalu banyak karena akan menyebabkan perlambatan metabolisme tubuh, serta akan terasa cepat lapar.
  • Gunakan masker jika sudah dekat dengan kawah karena bukan tidak mungkin kita hirup asap belerang tertiup oleh angin
  • Untuk kendaraan persiapkan se-siap mungkin seperti bensin, aki, busi, lampu, rem serta komponen pendukung lainya.
  • Jangan malu bertanya pada penduduk lokal diperjalanan.
  • Pastikan keadaan tubuh anda sedang fit.
  • Beristirahatlah dengan cukup tapi juga harus memperhitungkan waktu pendakian.

Demikian Tadi yang dapat kami informasikan kepada anda mengenai Tempat Wisata Di Banyuwangi, Semoga artikel diatas tentang Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi dapat membantu serta dapat anda jadikan sebagai referensi ketika anda berlibur di Jawa Timur.

#Kawahijen
#Kawahijenbayuwangi
#wisataKawahijen
#TempatWisata
#WisataBanyuwangi
#Bluefire

Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar