Blog Hotel dan Tempat Wisata adalah Blog yang mengulas tentang Hotel, Penginapan, dan Tempat - Tempat Wisata di Seluruh Indonesia seperti Wisata Pantai, Wisata Gunung, Wisata Keluarga, dll

Senin, 06 November 2017

Wisata Pantai Teluk Hijau Banyuwangi

Wisata Pantai Teluk Hijau Banyuwangi | Teluk Hijau Banyuwangi atau biasa disebut Green Bay adalah wisata tersembunyi yang ada dibanyuwangi, mungkin pantai ini tidak sepopuler Pantai Rajegwesi atau Sukamade, tetapi teluk ini mempunyai daya tarik tersendiri seperti pasir putih yang halus, air terjun yang setinggi 8 meter serta pemandangan karang laut yang begiu indah. Dari kejauhan Teluk Hijau ini akan nampak berwarna hijau, hal ini dikarenakan di dasar perairan dangkalnya terdapat alga yang memantulkan warna hijau di permukaan perairanya. Berbeda dengan kebanyakan teluk atau laut yang biasanya berwarna biru. Simak informasi selengkapnya mengenai Wisata Pantai Teluk Hijau Banyuwangi dibawah ini!

Pantai Teluk Hijau banyuwangi

Pantai Teluk Hijau Banyuwangi.

Pantai Teluk Hijau banyuwangi
Pantai Teluk Hijau banyuwangi

Pantai Teluk Hijau banyuwangi
Pantai Teluk Hijau banyuwangi
Pantai Teluk Hijau banyuwangi

Pantai Teluk Hijau banyuwangi
Pantai Teluk Hijau terletak di bagian selatan Pesanggrahan, Desa Sarongan. Wilayah Teluk Hijau ini termasuk dalam lindungan Taman Nasioanl Meru Betiri. Namun para Wisatawan lokal maupun asing lebih sering melewatkan Teluk Hijau ini dan menjadikan Sukamade sebagai tujuan utama, tentu hal ini sangat disayangkan.


Untuk mencapai Teluk Hijau memang membutuhkan tenaga lebih dikarenakan rute perjalanan yang cukup menguras tenaga seperti jalan setapak yang curam dan berbatu, menuruni bukit dan masuk kehutan yang dipenuhi pepohonan besar. Setelah melewati rute tersebut sampailah pada dataran pantai terbuka namun bukan Pantai Teluk Hijau melainkan Pantai Batu yang konon dulunya tahun 1994 tsunami yang membawa batu kepesisir pantai sehingga menutupi pasir yang seharusnya ada. Dari Pantai Batu dibutuhkan Jarak 300 meter lagi untuk sampai ke Pantai Teluk Hijau.


Tidak jauh dari pantai Teluk Hijau terdapat beberapa bukit kecil yang mana satu sisinya ada bebatuan berwarna kuning kecoklatan. Di sisi timur sekitar 20 meter dari pantai kita akan menjumpai Air terjun. Air terjun ini setinggi 8 meter dengan debit air sedang. Air terjun ini bisa dimanfaatkan untuk membilas pasir yang mungkin tertempel pada tubuh kita saat masih dipesisir pantai.

Pantai Teluk Hijau.

Pantai Teluk Hijau banyuwangi

Pantai Teluk Hijau banyuwangi

Pantai Teluk Hijau banyuwangi
Rute dan Jalur Menuju Teluk Hijau, terlebih dahulu anda harus menuju Rajegwesi. Untuk transportasi ke Rajegwesi masih belum ada sehingga diharuskan untuk memakai transportasi pribadi. jarak dari Kota Banyuwangi sekitar 90 kilometer ke arah selatan.

Banyuwangi > Genteng > Jajag > Perempatan Pasar Bangorejo > Pasar Pedotan > Kesilir > Pasar Pesanggaran > PTPN > Desa kandangan > Sarongan > Rajegwesi > Teluk Hijau > Sukamade.


Akses Wisata ke Pantai Teluk Hijau Banyuwangi dari Rajegwesi bisa ditempuh dengan dua cara yaitu lewat jalur darat/trekking dan juga lewat jalur laut. Dari Rajegwesi ke Teluk Hijau kurang lebih akan ditempuh selama 1 jam jika berjalan kaki. Kita bisa menitipkan kendaraan yang sebelumnya kita gunakan ke pemukiman penduduk terdekat dari Teluk Hijau, kebetulan Teluk Hijau tidaklah jauh dari pemukiman penduduk yang paling akhir di daerah Rajegwesi. Tetapi jika anda merasa ragu menitipkan ke pemukiman penduduk terdekat bisa menggunakan jasa parkir yang ada di kawasan sekitar teluk hijau.

Tempat Wisata di Banyuwangi.
Setelah Menitipkan kendaraan lalu kita teruskan perjalanan ke Start Point Teluk Hijau, kurang lebih 1 kilometer dengan berjalan kaki. Selama menempuh perjalanan darat menuju Teluk Hijau kita akan menyusuri jalan tanag berbatu yang menanjak dengan pemandangan alam yang eksotik dan menyegarkan.

Setelah kurang lebih menempuh jalur 1 kilometer nanti kita akan tiba di pos penjagaan dan sampailah kita dijalur trekking.


Jalur Trekking berupa jalan setapak yang menyusuri tebing dan lembah sejauh 1 kilomter, sediakan minuman dan tenaga yang cukup karena dijalur ini akan cukup menguras tenaga. Jika anda lewat jalur ini setelah hujan sebaiknya lebih hati-hati dikarenakan jalur yang licin dan penuh lumpur, tetapi untuk mengurangi resiko kecelakaan pihak wiasata telah menyediakan tali tambang untuk pegangan dipinggiran rute.


Untuk menempuh melalui jalur laut kita hanya perlu menyewa perahu nelayan yang ada dipantai rajegwesi seharga 25ribu atau kisaran 40 ribu jika memilih pulang-pergi.Perjalanan ini akan menempuh waktu sekitar 15 menit tetapi yang perlu kita tahu jalur laut cukup berbahaya juga dikarenakan ombak laut yang cukup besar serta perahu sewaan yang berukuran kecil. Biasanya ke Teluk Hijau wisatawan datang dengan jalur darat/trekking dahulu dan sepulangan melalui jalur laut, mungkin tenagalah yang jadi alasan dikarenakan sudah cukup menguras tenaga ketika menempuh jalur darat/trekking. Sekian yang dapat kami informasikan kepada anda mengenai Wisata Pantai Teluk Hijau Banyuwangi. Semoga bermanfaat buat anda.

Wisata Pantai Teluk Hijau Banyuwangi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar